Saturday 20 May 2017

manajemen resiko dan asuransi

Tugas 3

Perusahaan asuransi dapat diklasifikasikan berdasarkan pengaturan yang berkenaan dengan hak pemilikan atas perusahaan. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk umum dari perusahaan asuransi.
Berdasarkan bentuk penutupan yang diberikan bidang usaha auransi dibagi 2
1.    Personal Insurance (personal coverage)
a)      Kematian
b)      Kecelakaan/sakit
c)      Pengangguran
d)     Karena umur tua
2.    Property Insurance (Property coverage)
Ditujukan terhadap peril- peril yang mungkin menghancurkan property atau harta kekayaan
Ada 4 bentuk umum yang dikenal sebagai berikut:
1.    Stock Company
·         Yaitu perusahaan yang diorganisir yang tujuan usahanya adalah untuk mencari keuntungan(profit making) dalam bidang asuransi.Operasi- operasi yang dilaksanakan oleh stock company dalam property insurance biasanya melalui system pengorganisasian yang berdiri sendiri (independent)
2.    Mutual company
·         Mutual company didirikan dandimiliki oleh para pemegang polissebagai suatu perusahaan yang bertujuan tidak mencari keuntungan(nonprofit organization) dan didalam perusahaan ini tidak terdapat pemegang saham
Ada beberapa bidang usaha dari mutual companyyang terpenting diantaranya:
a)      Class Mutual: beroperasi dalam bentuk atau kelas tertentu missal peralatan pertanian(farm property), penggergajian kayu, dan pabrik
b)      Farm Mutual: Apabila harta kekayaan yang dijamin-berkenaan dengan harta pertanian
c)      Factory Mutual: yang mengkhususkan diri dalam mengasuransikan pabrik pabrik
d)     General Writing mutual: Jenis ini menerima berbagai jenis tertanggung
3. Reciprocal
·         Reciprocal Dikenal dengan istilah interinsurance exchange dalam reciprocal pemilik perusahaan atau pemegang polis memilih dewan direktur untuk mengelola perusahaan, dalam Mutual bentuk perusahaan asuransi dengan jumlah modal tertentu, sedangkan reciprocal tidak demikian halnya
4.    Lloyds Association
·         Lloyds Association adalah suatu organisasi dari individu-individu yang bersatu untuk underwriter risikoatas dasar kerja sama(cooperative basis). Ciri terpenting dari Lloyds Association bahwa masing masing individu menanggungrisiko atas namanya sendiri dan tidak mengikat atas segala kewajiban2nya. Masing2 underwriter bertanggung jawab atas segala kerugian kerugian yang sudah bersedia ditanggungnya dengan keseluruhan harta pribadinya kecuali menyatakan bahwa kergian yang akan ditanggungnya sampai jumlah tertentu.
Ada 2 bentuk Lloyds Association yaitu:
1.      London Lloyds Yairtu salah satu perusahaan asuransi terkenal di duniadan pada dasarnya salah satu bentuk pertama dari aktivitas perasuransian. Ada 3600 anggota Lloyds of London yang beroperasi melalui kelompok ini.
2.      American Lloyds Yaitu beroperasi disebagian besar Amerika Serikat, hanya jenis jenis aasuransi tertentu yang ditangani Lloyd’s ini yaitu: Kebakaran, ocean marine, pengangkutan darat, dan asuransi mobil.


No comments:

Post a Comment