Saturday 20 May 2017

studi kelayakan bisnis tugas 3

1.      Menurut Anda, apa hubungan antara aspek ekonomi, aspek lingkungan dan aspek hukum dalam studi kelayakan bisnis ? Jelaskan !
Jawab ;
Aspek Ekonomi
·         Gambaran dalam aspek ekonomi adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan jika proyek tersebut dijalankan. Pengaruh tersebut terutama terhadap ekonomi secara luas serta dampak sosialnya terhadap masyarakat secara keseluruhan.
Aspek Lingkungan
·         Aspek lingkungan merupakan analisis yang paling dibutuhkan pada saat ini, karena setiap proyek yang dijalankan akan memiliki dampak yang sangat besar terhadap lingkungan di sekitarnya
 Aspek hukum
·         Dalam aspek ini yang akan dibahas adalah masalah kelengkapan dan keabsahan dokumen perusahaan, mulai dari bentuk badan usaha sampai ijin-ijin yang dimiliki. Kelengkapan dokumen sangat penting karena hal ini merupakan dasar hukum yang harus dipegang, apabila di kemudian hari timbul masalah. keabsahan dan kesempurnaan dokumen dapat diperoleh dari pihak-pihak yang menerbitkan atau mengeluarkan dokumen tersebut.


2.      Apa akibat yang akan terjadi pada perusahaan yang tidak sunggguh-sungguh dalam mengkaji aspek hukum dan lingkungan dalam studi kelayakan bisnis ? Jelaskan !
Jawab ;
Aspek hukum
Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk
Perijinan :
·         Izin lokasi :
·         sertifikat (akte tanah),
·         bukti pembayaran PBB yang terakhir,
·         rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
Izin usaha :
·         Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
·         NPWP (nomor pokok wajib pajak)
·         Surat tanda daftar perusahaan
·         Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
·         Surat tanda rekanan dari pemda setempat
·         SIUP setempat
·         Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan

Dilihat dari aspek lingkungan
·         Dampak terhadap air
·         Dampak terhadap tanah
·         Dampak terhadap udara
·         Dampak terhadap kesehatan manusia
Pada akhirnya pendirian usaha akan berdampak terhadap kehidupan fisik, flora dan fauna yangada di sekitar usaha secara keseluruhan.
Dari data uraian diatas maka dapat disimpulkan jika aspek hukum dan lingkungan tidak dikaji secara sungguh-sungguh kemungkinan besar akan terjadiy banyak resiko atau bahkan kegagalan dalam menjalankan suatu bisnis.


No comments:

Post a Comment