Monday 22 May 2017

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM EKONOMI INDONESIA

   SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM EKONOMI INDONESIA

     Sistem perekonomian indonesia sedikit banyak dipengaruhi oleh sistem ekonomi kolonial belanda yang selama 350 tahun berkuasa atas ekonomi indonesia. pada awal kedatangany di indonesia, kolonial tidak datang sebagai penjajah fisik namun penjajah ekonomi. organisasi bernama VOC, mereka memonopoli pasar rempah-rempah yang pada masa itu merupakan komoditi andalan nusantara. mereka menggunakan kekerasan senjata untuk menguasai rempah rempah .

    1799 VOC bangkrut dan bubar, pemerintah belanda melaksanakan sistem tanam paksa {culture stelsel } untuk menutup defisit anggaran kerajaan akibat perang melawan berbagai perlawanan nusantara. sistem tanam paksa berlanjud sekitar lebih dari satu abad ini berlangsung mendatangkan keuntungan di pihak kerajaan belanda tetapi mendatangkan kesengsaraan bagi rakyat nusantara. saat mulai berkembang liberalisme di eropa , kebijakan tanam paksa dikritik sehingga pemerintah belanda mengubah menjadi sistem ekonomi kapitalis- liberal.

     melalui undang-undang Agraria 1870, pemerintah belanda mengundang sektor swasta untuk menyewa lahan perkebunan dalam jangka waktu yang lama.lahan yang dulu dikendalikan pemerintah belanda diambil alih oleh swasta, sedangkan pemerintah mendapatkan keuntungan dari pajak perseroan dan pajak pendapatan sektor swasta. persoalan baru mulai muncul ketika perkebunan swasta dan perkebunan rakyat menanam jenis tanaman yang sama akibaty perkebunan rakyat sulit bersaing karena memiliki modal yan lebih kecil dibandingkan sektor swasta { Mubyarto ,2002 }.

    setelah indonesia merdeka , para pemimpin bangsa berusaha merumuskan kembali sistem ekonomi indonesia yang dianggap ideal dengan kondisi bangsa. Muhammad Hatta mengemukakan sebuah konsep tentang sistem ekonomi indonesia, yaitu sistem ekonomi kerakyatan. dalam sistem ekonomi kerakyatan , semua aktivitas ekonomi harus disatukan dalam organisasi koperasi sebagai bangun usaha yang sesuai dengan asas kekeluargaan , konsep sistem ekonomi kerakyatan inilah yang kemudian dituangkan dalam UUD 1945 sebagai dasar sistem perekonomian nasional.

    sistem ekonomi yang dikonsepkan Muhamad Hatta ini tidak langsung berhasil dijalankan oleh pemerintahan indonesia. Indonesia mengalami masa-masa sulit hingga pada puncaky terjadi perpecahan pemimpin nasional ditandai dengan mundury Muhamad Hatta pada tahun 1956. sejak saat itu Sukarno memegang kekuasaan yang sangat besar, sehingga sistem ekonomi etatisme berjalan di indonesia. Hiperinflasi hingga 650 %  yang terjadi pada tahun 1966 menghentikan sistem terrsebut.
kekacauan sosial politik yang kemudian terjadi membuat soekarno praktis tidak mampu melakukan kebijakan apapun untuk memperbaiki keadaan.

    setelah rejim Orde lama ditumbangkan oleh peristiwa berdarah 1966, rajim Orde Baru muncul dengan membawa sistem ekonomi yang bar yang ternyata juga tidak sepenuhy sesuai dengan dasar sistem ekonomi yang termuat  dalam UUD 1945. Pada masa orde baru sistem ekonomi indonesia bersandar pada " trilogi pembangunan " , yaitu pertumbuhan ekonomi yang tinggi. stabilitas ekonomi, dan pemerataan.

No comments:

Post a Comment